Banyak Teman di Facebook, Makin Narsis Anda?




San Francisco - Daftar teman di Facebook dan seberapa sering mengganti foto profil di jejaring sosial bisa menjadi ukuran untuk mengetahui kadar narsis seseorang.

Dalam sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Western Illinois University, orang-orang yang mendapat skor tinggi dalam sistem penilaian yang disebut Narcissistic Personality Inventory (NPI), diketahui memiliki lebih banyak teman, sering men-tag diri sendiri dan rajin mengupdate newsfeed.

Dilansir Big News Networks, Senin (19/3/2012), riset ini dilatarbelakangi kian banyaknya pengguna jejaring sosial terutama di Facebook yang semakin narsis dan terobsesi dengan pencitraan diri.

Studi terbaru ini juga mengungkapkan, orang-orang narsis cenderung agresif merespons komentar yang menghina tentang mereka dan sangat sering mengganti foto profil.

Sejumlah penelitian bahkan pernah mengkaitkan perilaku narsisme dengan penggunaan Facebook. Namun studi Western Illinois University ini pertama kalinya mengungkap bukti baru mengenai hubungan langsung antara teman Facebook dengan gangguan perilaku narsisme pada seseorang.

Dalam studinya, para peneliti melibatkan 294 pengguna Facebook yang terdiri dari usia 18 hingga 65 tahun. Di sini, partisipan diukur tingkat kenarsisannya melalui penilaian Grandiose Exhibitionism (GE) dan Entitlement/Exploitativeness (EE).

Penilaian GE meliputi daya serap terhadap daya tarik diri, kesombongan, keunggulan dan kecenderungan perilaku ekshibisionis. Sementara aspek EE meliputi perasaan layak dihormati dan keinginan memanipulasi dan mengambil keuntungan dari orang lain.

Nah, partisipan yang mendapat skor tinggi pada kedua aspek ini umumnya ingin selalu menjadi pusat perhatian.

Hasil studi mengungkapkan, semakin tinggi skor GE dan EE seseorang maka semakin banyak pula jumlah teman Facebook mereka. Beberapa di antaranya ada yang mencapai lebih dari 800 orang.

detikInet

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Exit thank you :)
Powered by Blogger.